Tips Ibu Hamil Muda Agar Sehat dan Bahagia

Hamil sehat merupakan sesuatu yang sangat penting, baik bagi ibu hamil maupun bagi janin. Terlebih untuk hamil pertama. Kehamilan adalah suatu anugerah. Anak-anak melengkapi kebahagiaan hidup pasangan bahagia. Maka ketika terlihat ciri-ciri kehamilan, kita sudah merasakan kebahagiaan. 

Pembahasan mengenai tips untuk ibu hamil muda agar sehat ini ditujukan agar kita mengalami masa-masa indah selama kehamilan. Sehingga kita sudah mempersiapkan penyambutan terhangat yang bisa kita lakukan untuk sang anak. 

Lalu apa saja yang perlu kita lakukan agar masa kehamilan ini berkualitas, baik bagi kita juga bagi janin yang kita kandung. Berikut ini pemaparan mengenai tips ibu hamil muda agar sehat dan bahagia. 

Tips Ibu Hamil Muda untuk Bahagia

Kesehatan ibu hamil bukan saja dilihat dari fisik. Akan tetapi sangat penting memperhatikan kesehatan psikis. Dengan memperhatikan kesehatan fisik dan psikis, maka masa-masa kehamilan bisa menjadi masa terbaik untuk seorang wanita. 

Berikut ini beberapa tips agar Anda mendapatkan kebahagiaan selama masa kehamilan.

Tingkatkan Kemesraan

Gandeng tangan. Berjalan kaki berdua di pagi atau sore hari. Dua hal sederhana ini menciptakan impak yang luar biasa bagi kesehatan ibu hamil. 

Adanya kemesraan antara pasangan, akan menguatkan stamina ibu hamil selama menjalani masa kehamilan. Yang lebih penting lagi adalah asupan kebahagiaan dalam hati. Sehingga mood ibu hamil akan tetap terjaga dalam garis kedamaian. 

Sebagaimana diketahui, ada begitu banyak perubahan baik psikis maupun fisik manakala seorang wanita mengalami kehamilan. Pada 1 minggu pertama kehamilan berbagai perubahan ini sudah bisa dirasakan.

Masa-masa perubahan ini setidaknya memberi sedikit goncangan sehingga tidak jarang wanita hamil mengalami berbagai gangguan kesehatan fisik maupun psikis, seperti mudah letih dan tingkat stress yang meninggi.

Dengan menjaga kemesraan, semua gangguan dan perubahan mental dapat dikurangi. Sehingga pada akhirnya pasangan benar-benar merasakan kebahagiaan atas kehadiran buah hati.

Mengenang Kembali Masa-Masa Indah

Anna, seorang Ibu muda yang aktif, selalu terlihat bahagia dan mesra betapapun kesibukan menjadi makanan sehari-harinya. Kemesraan dengan sang suami terasa lebih membahagiakan bahkan jikapun dibandingkan dengan masa-masa di awal pertemuan mereka.

Bagaimana cara beliau mempertahankan kemesraan? Salah satunya adalah dengan mengenang masa-masa indahnya dulu: ketika pertama kali bertemu, tatapan pertama, getaran cinta, dan momen-momen yang menghantarkan mereka pada pernikahan.

Beberapa hal yang tampak sederhana menghasilkan kemesraan yang tidak sederhana. Melihat foto-foto di masa remaja, memutarkan lagu yang mengingatkannya pada saat jatuh cinta, ataupun berjalan-jalan berdua dimana ketika itu mereka saling tertawan.

Dengan mengenang masa-masa indah seperti itu, menurutnya, beliau lebih mensyukuri setiap anugerah kehidupan ini. Berbagai hal yang dahulunya sebatas impian, kini menjadi kenyataan. Itulah yang perlu disyukuri. Misalnya hidup dengan orang yang kita cintai.

Penyatuan dua jiwa dalam bahtera rumah tangga merupakan impian dan harapan di masa remaja dahulu. Jangan sampai kita melupakan anugerah ini. Jangan sampai melupakan bahwa kebersamaan itu merupakan doa-doa yang dikabulkan oleh-Nya.

Ringkasnya, mengenang masa-masa indah dapat dilakukan dengan:

  • Melihat foto-foto di masa lalu
  • Mendengarkan lagu-lagu cinta yang mengingatkan momen jatuh cinta
  • Berjalan jalan di tempat yang dahulu rasa cinta itu tumbuh
  • Berjalan di pagi atau sore hari dengan bergandengan tangan

Menciptakan Kenangan Indah

Tips-tips penting seputar kehamilan agar sehat dan menjalani masa kehamilan dengan penuh bahagia
Selain mengenang masa-masa indah, hal sederhana sebagai tips ibu hamil muda adalah menciptakan kenangan indah.

Buatlah momen-momen khusus selama masa kehamilan yang kelak akan dikenang. Misalnya dengan membiasakan berkunjung ke suatu tempat yang Anda sukai bersama.

Kunjungilah pantai jika Anda berdua menyukai pantai. Lepaskan pandangan sejauh pertemuan antara laut dan langit. Hal ini bisa membuat jiwa Anda merasa luas serta nyaman. Dengarkan debur-debur ombaknya. Nikmati setiap detil dari suasananya.

Kelak ketika buah hati beranjak besar, Anda dapat mengenang momen-momen berdua bersama pasangan saat hamil dahulu. Kehadiran buah hati dan kenangan-kenangan indah itu akan meningkatkan dan mempertahankan kemesraan. Cinta kasih sayang serta butiran rindu tetap hidup dalam hati sanubari.

Membiasakan hal tersebut bukan hanya melanggengkan bahtera rumah tangga, namun meningkatkan kualitas hubungan dengan pasangan. Sehingga masa-masa indah rumah tangga bukan sekedar khayalan dan dongeng-dongeng saja. Melainkan menjadi kenyataan yang dialami setiap hari.

Membuat Puisi dan Kata-Kata Lembut

Kata-kata lembut bisa merupakan senjata paling ampuh untuk menumbuhkan bunga-bunga kemesraan. Tulislah kata-kata ungkapan cinta, baik cinta Anda kepada pasangan maupun pada buah hati yang sedang dikandung.

Tulislah dalam bentuk puisi maupun tulisan liris kata-kata yang menyentuh hati. Akan lebih baik apabila masing-masing menuliskannya dalam sebuah buku khusus.

Gina sendiri mengenal seseorang wanita yang selalu menangis membaca tulisan-tulisan dan puisi-puisi cinta dari sang suami. Meskipun mereka sudah bertahun-tahun mengarungi bahtera rumah tangga, meskipun sudah memiliki banyak putera dan puteri, namun kemesraan itu tetap terjaga. Mungkin lebih besar lagi dari hari ke hari.

Si istri biasanya membaca puisi-puisi tersebut di malam hari. Dimana suasana sangat tenang. Ia akan meneteskan air mata, merasakan kehangatan cinta sang suami.

Sedangkan bagi suaminya, tulisan-tulisan mengenai istrinya adalah caranya untuk tetap menyuburkan rasa kasih kepada istrinya tersebut.

Ada pula seorang kenalan yang menuliskan alasan kenapa pada hari itu ia bahagia. Ia menuliskannya pada buku, dibuat sedemikian rupa seperti album, sebelum beranjak ke tempat tidur.

Cara yang sederhana tersebut memang tidak sesederhana kelihatannya. Apakah Anda kuat membiasakan diri menuliskan alasan kenapa Anda berbahagia dengan pasangan setiap hari sebelum tidur? Jika ingin mengalami kehidupan penuh bahagia, kenapa tidak dicoba!

Jadikan Kehamilan Sebagai Prioritas

Apapun kesibukannya, jadikan kehamilan sebagai prioritas. Kehamilan bukan sekedar proses mempunyai anak. Lebih dari itu, kehamilan bisa menjadikan kita sebagai wanita sempurna. Di sana kita bisa belajar menumbuh-suburkan kasih sayang, perhatian, kedewasaan, saling pengertian...

Memprioritaskan kehamilan menjadikan diri Anda dipenuhi kasih sayang. Kasih sayang itu akan terus berkembang manakala Anda mangasihi calon anak di dalam perut Anda. Selanjutnya, dengan kasih sayang itu tercipta kebahagiaan. 

Suasana rumah semakin tentram. Pikiran semakin damai. Dan pasangan Anda semakin positif karena energi kebaikan terus membuncah. Ada semangat pada pasangan untuk terus memberikan yang terbaik bagi Anda. Ujung-ujungnya, kualitas hidup semakin membaik dari waktu ke waktu. 

Persiapkan Kelahiran Bersama-Sama

Betapapun sibuknya pekerjaan, kita masih memiliki waktu minimal di akhir pekan. Jika kita diberi kelapangan rezeki, tak ada salahnya berjalan-jalan bersama pasangan. Mencari pakaian terbaik buat buah hati, mainan, sampo, sabun, dan segala keperluannya. 

Jalan-jalan santai dengan tujuan mencari suasana yang rileks. Bukan seberapa banyak yang bisa belanjakan, akan tetapi seberapa besar kualitas kebersamaan bersama suami. Dengan menjalin kebersamaan terus menerus, kasih sayang suami pun akan semakin membesar, baik untuk diri kita maupun untuk buah hati. 

Menyelingi saat-saat belanja dengan canda ringan dapat memberikan kehangatan. Jangan terlalu tegang. Semuanya proses itu akan terlewati dengan penuh kebahagiaan. 

Buatlah Daftar Mengapa Anda Bahagia

Tips hamil sehat selanjutnya adalah membuat daftar mengapa Anda bahagia. Tulislah dengan ketulusan, dari hati, apa saja hal-hal yang sebenarnya harus disyukuri. 

Mungkin hal ini agak sulit apabila kita hidup di lingkungan yang penuh dengan keluh kesah. Namun begitu, demi kebahagiaan diri kita jangan sampai kita membiasakan diri berkeluh kesah. 

Cobalah tulis hal-hal sederhana yang membahagiakan. Misalnya:
  1. Aku bahagia karena Allah menganugerahiku seorang suami.
  2. Aku bahagia, diberi kesempatan membangun bahtera rumah tangga.
  3. Hari ini aku tersenyum tulus karena ada seseorang yang mencintaiku.
  4. Ada detak jantung dalam tubuhku...
  5. ...

Tips Ibu Hamil Muda Untuk Kesehatan Tubuh

Kemarin Gina membahas mengenai cara mengatasi kaki bengkak saat hamil. Memang terkadang ada beberapa gangguan kesehatan selama masa kehamilan. Oleh karena itu, perhatikan dengan seksama setiap aspek kesehatan Anda.

Menjaga kesehatan diri sama dengan menjaga kesehatan sang janin yang dikandung. Pengorbanan kita sebagai wanita dalam menjaga kesehatan janin akan membawakan kebahagiaan dalam lubuk hati.

Sebelumnya kita telah mendiskusikan tips-tips hamil yang sehat dari segi psikis. Kali ini kita akan membahas tips-tips hamil yang sehat untuk kesehatan fisik.

Olahraga Ringan

Mengeluarkan keringat dapat mengeluarkan berbagai racun dalam tubuh. Dan ketika kita mengeluarkan keringat, badan akan menjadi bugar.

Olahraga ringan ditujukan agar tubuh tetap sehat sehingga ketika persalinan kelak dalam keadaan fit. Ada sebagian wanita yang mengalami kesulitan dalam proses persalinan karena kurang menjaga kebugaran tubuhnya. Jalan kaki di pagi hari sudah cukup untuk menjaga badan agar tetap bugar selama masa kehamilan.

Peregangan 15 Menit

Jangan pernah menganggap remah peregangan. Jika Anda melakukan peregangan selama 15 menit setiap pagi, akan membebaskan tubuh dari pegal-pegal dan keluhan lainnya.

Hilangnya pegal-pegal dengan peregangan bisa dirasakan apabila rutin melakukannya minimal 2 minggu. Peregangan lebih efektif dari cara apapun seperti pijat, memakai koyo, ataupun salep pereda nyeri.

Lakukan peregangan mulai dari area leher, pundak, tangan, punggung, paha, dan kaki. Lakukan dengan benar-benar. Sehingga otot-otot tubuh meregang dan Anda merasakan sedikit rasa sakit ketika melakukannya. Peregangan ini sangat baik bagi ibu hamil muda.

Melakukan Sujud

Bagi Anda yang muslimah, sujud merupakan terapi yang paling baik untuk melancarkan peredaran darah. Dan yang lebih penting lagi, sujud bisa membantu proses persalinan.

Selain itu, perlu diketahui untuk wanita hamil yang janinnya sungsang, sujud bisa membetulkan posisi bayi di dalam perut. Sebelum 3 bulan menuju persalinan, posisi bayi sungsang masih dapat diperbaiki. Jadi jangan panik bila mengetahui posisi bayi sungsang.

Senam Khusus Ibu Hamil

Kini telah banyak tempat yang memfasilitasi ibu-ibu hamil melakukan olahraga khusus hamil. Jika memungkinkan, tidak ada salahnya mengikuti olahraga yang memang bertujuan untuk menguatkan otot-otot untuk persalinan.

Ada begitu banyak manfaat senam hamil, di antaranya:
  • Menghilangkan pegal dan nyeri punggung
  • Menjaga kebugaran tubuh
  • Membuat tidur lebih nyenyak

Puisi: Kau Berdetak di Jantungku

Aku merasakan kasihku berdenyut
Kau hadir dalam dekapan cintaku

Betapa aku menyayangimu
Kita bersama berdetak di tubuh yang sama
Betapa aku mencintamu
Kita hadir saling mengasihi

Aku telah membayangkan
Betapa lucunya wajah mungilmu nanti
Dan suaramu itu... kelak akan menyirami seluruh hatiku dengan kebahagiaan

Aku akan mencurahkan kasihku seutuhnya
Seperti cahaya matahari yang menghangatkan wajah bumi

Kasih sayangku meliuk indah
Bagai gemarai bunga di musim bersemi

Kau berdetak di jantungku
Dalam irama paling indah

Maka aku menyayangimu
Lebih dari segalanya.

***

Kiranya demikian pembahasan seputar kehamilan, khususnya tips ibu hamil muda agar sehat dan bahagia selama masa kehamilan.


Iklan

Related Posts

Previous
Next Post »